Posted by : Sugeng Siswandirejo Senin, 24 Oktober 2016

A.     Manusia sebagai  Makhluk Sosial dan Ekonomi Yang Bermoral        Setiap manusia berusaha memenuhi kebutuhannya, namun tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi. Keinginan berbeda dengan kebutuhan. Keinginan merupakan hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik, sedangkan kebutuhan merupakan keinginan atas barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan untuk kelangsungan hidup. Manusia dalam bertindak ekonomi setidaknya memiliki empat aspek berikut.
1.      RasionalitasDidefinisikan sebagai kemampuan unutk berfikir baik dan berlatih mengambil keputusan yang tepat.
2.      Kepentingan pribadiManusia sebagai homo economicus memiliki kepentingan pribadi yang melekat pada dirinya masing-masing.
3.      MoralAspek moral dan akhlak sangat diperlukan saat manusia menjalankan fungsinya sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
4.      InformasiUntuk dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan baik, dibutuhkan informasi yang benar dan lengkap. Dengan adanya informasi, manusia melakuakan pilihan-pilihan yang tepat dari sekian banyak informasi.
        Beberapa factor yang mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan adalah sebagai berikut.
1.      Tempat tinggalTempat tinggal manusia mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan. Manusia yang bertempat tinggal di daerah tropis, dengan dua perubahan musim, umumnya membutuhkan makanan berkalori tinggi, pakaian yang lebih tipis dan perumahan berventilasi lebar.
2.      PendidikanManusia yang berpendidikan tinggi berbeda keinginannya dengan yang berpendidikan rendah.
3.      UsiaManusia yang berusia dewasa memiliki keinginan yang berbeda dengan yang masih berusia remaja atau anak-anak.
4.      Sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersediaManusia yang memiliki sumber daya yang melimpah, keinginannya lebih besar disbanding dengan yang kurang sumber daya alamnya.



B.     Perilaku Manusia dalam Bekerjasama untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya        Beberapa bentuk kepedulian dari setiap diri manusia mewujudkan keselarasan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi antara ali sebagai berikut.
1.      Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing dalam melakukan kerjasama.2.      Saling berbagi ilmu dan pengetahuan unutk kemajuan bersama.3.     Saling tolong-menolong dan bahu-membahu dalam kegiatan sehari-hari.4.      Menjaga dan memupuk harga diri setiap pihak dalam melakukan kerjasama.5.      Bahu-membahu untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengesampingkan norma-norma yang berlaku.        Hubungan perilaku kerjasama biasanya didasarkan pada maksud dan tujuan yang diinginkan, yaitu sebagai berikut.
1.      Kerjasama yang saling menguntungkan2.      Kerjasama untuk kepentingan bersama3.      Kerjasama yang saling menghormati 
C.     Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan sumber Daya Ekonomi unutk Memenuhi kebtuhan        Sumber daya ekonomi dapat dikelompokkan kedalam sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan sumber daya keahlian.        Sumber daya alam ada yang dapat diperbarui dan ada yang tidak dapat diperbarui. Semua sumber daya alam yang tidak dapat iperbarui harus digunakan secara efisien. Sumber daya manusia berperan menentukan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta besar kecilnya kebutuhan. Manusia dalam memenuhi kebutuhannya memerlukan usaha dan hubungan dengan manusia lain. Pemenuhan kebutuhan melalui pilihan dimulai dari kebutuhan yang dirasakan paling penting kemudian yang penting selanjutnya yang kurang penting.

D.     Ilmu Ekonomi        Istilah ekonomi berasal dari bahasa yunani oikonomia yaitu dari kata oiskos dan nomos. Oiskos berarti rumah tangga dan nomos berarti mengatur. Jadi oikonomia adalah mengatur rumah tangga. Dibawah ini terdapat beberapa definisi tentang ilmu ekonomi.
1.      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusiaunutk memenuhi kebutuhannya.2.      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.3.      Ilmu eknomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Materi IPS Kelas 7 - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -