Posted by : Sugeng Siswandirejo Senin, 24 Oktober 2016

A.     Tindakan dan Motif Ekonomi
1.      Tindakan Ekonomi 
        Manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhannya yang beragam. Setiap usaha yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan disebut tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi dilakukan karena adanya keterbatasan saran pemenuhan kebutuhan. Tindakan ekonomi dilakukan oleh perorangan, masyarakat, dan juga pemerintah. Tindakan yang dilakukan perorangan, yaitu dengan membeli barang kebutuhan yang sesuai dengan kemampuan daya beli, dapat dikategorikan sebagai tindakan ekonomi yang rasional. Namun jika membeli barang tidak sesuai dengan kemampuan, dan hanya bertujuan untuk disanjung saja, maka dikategorikan sebagai tindakan ekonomi yang tidak rasional.
2.      Motif  Ekonomi

Motif ekonomi merupakan dorongan yang menyebabkan manusia melakukan tindakan ekonomi. Ada beberapa motif ekonomi yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi.
a.       Motif mencari keuntunganMotif ini mendorong seseorang untuk selalu mencari keuntungan, umumnya dimilki oleh para pedagang.
b.      Motif mendapatkan kekuasaan ekonomiMotif ini mendorong seseorang untuk mendapatkan kekuasaan dalam bidang ekonomi. Umumnya dimiliki oleh padagang besar.
c.       Motif untuk memperoleh penghargaanMotif ini mendorong seseorang untuk memperoleh penghargaan, baik penghargaan karena keahlian maupun penghargaan karena jasanya.
d.      Motif ingin berbuat sosialMotif ini mendorong seseorang untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia.
e.       Motif untuk mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkankemakmuranMotif ini timbul dari dalam diri manusia sendiri. Manusia memiliki beragam kebutuhan baik yang mendesak maupun yang ditangguhkan

B.     Prinsip Ekonomi        Prinsip ekonomi berlaku bagi setiap orang. Penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dalam kegiatan konsumsi, kegiatan produksi, dan kegiatan distribusi. 
1.      Prinsip ekonomi konsumenPrinsip ekonomi konsumen dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut.

a.       Menyusun sekala prioritas kenutuhan dengan mendahulukan kebutuhan yang paling mendesak.b.      Memperhatikan kemampuan atau daya beli.c.       Memperhatikan perbandingan manfaat dan nilai yang akan diperoleh dengan biaya yang diperoleh. 
2.      Prinsip ekonomi produsenPrinsip ekonomi produsen dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut.
a.       Menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah.b.      Membuat analisis kebutuhan pasar agar barang yang diproduksi dapat laku dijual.c.      Menyediakan jasa yang sesuai dengan keinginan pemakai.d.      Menghasilkan barang atau jasa yang bermutu dengan harga yang bersaing.e.       Menentukan lokasi pabrik yang dekat dengan bahan baku.f.       Perolehan manfaat atau laba yang lebih besar. 
3.      Perinsip ekonomi distributorPrinsip ekonomi distributor dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut.
a.       Barang yang dijual disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masyarakat dengan harga bersaing dan bermutu.b.      Menyesuaikan alat angkut dengan karakteristik barang.c.       Membeli barang secara langsung dari produsen sehingga harganya lebih murah dan keuntungan yang diproleh lebih maksimal.        Berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi yang diuraikan diatas, maka setiap orang yang menerapkan prinsip ekonomi dalam pemenuhan kebutuhannya memiliki cirri-ciri sebagai berikut.
1.      Bertindak rasional2.      Bertindak ekonomis3.      Bersikap hemat4.      Membuat skala prioritas5.      Bertindak dengan prinsip cost and benefit

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Materi IPS Kelas 7 - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -